Smartfren Business Fokus Kembangkan Solusi Teknologi untuk UMKM

(ki-ka) VP Enterprise Product Development Smartfren Business, Agus Harnowo; VP SMB Sales Smartfren Business, Nike Purnamasari; Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra; CEO Smartfren Business, Alim Gunadi; dan VP Enterprise Sales Smartfren, Noer Tattu Supanery/Ist
(ki-ka) VP Enterprise Product Development Smartfren Business, Agus Harnowo; VP SMB Sales Smartfren Business, Nike Purnamasari; Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra; CEO Smartfren Business, Alim Gunadi; dan VP Enterprise Sales Smartfren, Noer Tattu Supanery/Ist

Smartfren Business menghadirkan berbagai solusi teknologi terbaru yang siap diterapkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta bisnis Indonesia. Solusi teknologi terbaru tersebut merupakan upaya Smartfren Business sebagai katalisator yang mendorong percepatan transformasi digital, terutama sektor UMKM.


Adapun berbagai solusi teknolosi tersebut berupa aplikasi Point of Sales (PoS) dan aplikasi Human Resource Information System (HRIS) berbasis teknologi cloud computing. Smartfren Business juga mengembangkan beberapa produk terbaiknya dari sisi teknologi Connectivity, Telephony, ICT, IOT dan Mobility sebagai dukungan transformasi digital di sektor ekonomi yang menjadi salah satu fokus utama Presidensi G20 Indonesia.

Chief Executive Officer Smartfren Business, Alim Gunadi mengatakan, pihaknya terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan, baik perusahaan dan para pelaku bisnis di Indonesia. Pihaknya melihat potensi UKM cukup besar dan Smartfren menghadirkan end to end solution yang dapat memudahkan proses bisnis melalui teknologi terkini.

"Karena kami percaya digitalisasi adalah menjadi kunci utama untuk membuka potensi terbaik dari bisnis yang dijalankan. Dan Kami mengajak untuk semua dapat memanfaatkan teknologi digital,” ujar Alim Gunadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/11).

Dijelaskan Alim, solusi yang dikembangkan Smartfren Business antara lain menggunakan teknologi cloud computing berbasis SaaS (software as a service). Di dalamnya termasuk PoS (Point of Sales) yang merupakan aplikasi kasir untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam menjalankan operasional bisnis seperti transaksi, stok, laba rugi, data pelanggan secara digital.

"Sedangkan untuk mendukung kemajuan UMKM juga tersedia Human Resources Information System (HRIS) yang meliputi sistem digital untuk proses accounting, medical, dan lain sejenisnya," terangnya.

VP SMB Smartfren Business, Nike P. Kosasih menambahkan, UMKM Indonesia memiliki peranan yang besar untuk perekonomian negeri. Namun, mereka membutuhkan solusi untuk bisa bersaing dan memanfaatkan teknologi yang bisa mendorong mereka naik kelas.

"Untuk itu Smartfren Business mengembangkan solusi yang dirancang secara inklusif menyesuaikan kebutuhan pelaku UMKM,” tutur Nike.

Solusi Digitalisasi UMKM Hingga Smart Village di Indonesia

Pada tahun 2020, Smartfren Business telah mewujudkan pengembangan konsep Smart Village di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menyediakan perangkat telekonferensi dan berhasil menghubungkan 29 desa secara digital,yang selanjutnya menyusul 45 desa lainnya.

VP Enterprises Sales Smartfren Business, Noer Tattu Supanery mengatakan, sebagai penyedia solusi lengkap untuk perusahaan besar hingga mikro, Smartfren Business siap memberikan solusi end-to-end yang dapat memudahkan proses bisnis melalui teknologi terkini.

"Kami juga telah membantu berbagai macam sektor untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan layanan digital termasuk menjadi business consultant bagi perusahaan,” ujar Noer.

Komitmen Smartfren Business untuk terus memperluas penyediaan layanan yang tidak hanya berfokus pada perusahaan besar saja, namun juga pada para pelaku bisnis UMKM yang merupakan salah satu sektor yang memiliki peran cukup penting dalam perkembangan ekonomi Indonesia.

Sebagai One Stop Solution, Smartfren Business telah dipercaya banyak klien dari berbagai sektor untuk memberikan solusi atas berbagai macam permasalahan yang dihadapi. Smartfren Business telah memberikan solusi berupa Fiber in The Air bagi PT. Megatama Mandiri (Honda Megatama) untuk menunjang kegiatan operasional yang berbasis website dan cloud service.

Melalui produk tersebut, Smartfren Business berhasil menyediakan koneksi Fiber in The Air 1:1 berskala internasional dengan bandwith yang mempunyai kapasitas hingga 100 Mbps, sehingga segala aktivitas perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Selain konektivitas, Smartfren Business juga mementingkan efisiensi dalam memberikan solusi. Salah satu contohnya adalah pemecahan masalah sistem IT yang dialami oleh PT. Eka Mas Republik (My Republic). Smartfren Business berhasil membantu perusahaan untuk melakukan ekspansi secara horizontal maupun vertikal melalui pembenahan ekosistem SAP dengan menghadirkan solusi berupa platform Google Cloud agar penyimpanan dan akses data menjadi lebih efisien. Selain melakukan migrasi SAP ke Google Cloud, Smartfren Business juga memberikan solusi end-to-end bagi perusahaan dengan membangun disaster recovery data center.

Tidak hanya Enterprise, Smartfren Business juga dipercaya oleh institusi pemerintah daerah dalam mewujudkan pengembangan konsep smart village di Kabupaten Kulon Progo. Perwujudan smart village tersebut dilakukan dengan memanfaatkan layanan One Touch UC, sebuah layanan bekerjasama dengan zoom untuk memudahkan aktivitas digital  seperti pertemuan antar operasi perangkat desa (OPD), pengawasan perkembangan desa, serta terwujudnya penyuluhan pelaku UKM secara virtual sehingga membantu terlaksananya kegiatan yang produktif untuk masyarakat.