Soal Penangkapan Aktivis KAMI, Jazulul Fawaid: Ini Peristiwa Hukum Kriminal

Jazilul Fawaid/Net
Jazilul Fawaid/Net

Penangkapan anggota organisasi massa Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) mengundang reaksi dari berbagai pihak. Sebagian kalangan menilailangkah pemerintah tersebut bentuk pembungkaman terhadap oposisi.


Namun bagi Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid apa yang dilakukan KAMI masuk dalam ranah hukum kriminal maka harus diselesaikan lewat jalur hukum.

“Kalau politik itu tergantung sisi pandangnya, menurut saya kalau ini adalah peristiwa hukum, peristiwa kriminal ya diurus lewat jalur hukum kriminal, soal politik ya ditangani secara politik,” ujar Jazilul dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (15/10).

Menyinggung soal KAMI yang kerap mengkritisi pemerintah, anggota Komisi III DPR RI ini mengatakan setiap warganegara berhak menyampaikan aspirasinya namun tidak boleh anarkis.

“Dalam demokrasi itu kan boleh saja mengkritik pemerintah, asal tidak menimbulkan kerusuhan mengganggu ketertiban, merusak fasilitas publik,” katanya.

“Kalau masalah KAMI, saya tidak mau banyak berkomentar karena saya enggak ngerti apa yang mau dijurus,” imbuhnya.

Legislator PKB ini mengatakan jika KAMI memiliki sikap beroposisi dengan pemerintah diharapkan agar lebih proporsiobal dan tidak terlalu berlebihan.

“Nah, bahwa KAMI beroposisi dengan pemerintah atau mengkritik pemerintah tentu saya berharap semuanya proporsional lah, karena pemerintah itu kan membangun, pemerintah juga butuh dukungan, pemerintah ini butuh wibawa,” tandasnya.