Songsong Pemilu 2024, Bawaslu Purwakarta Tempati Kantor Anyar

Peresmian Kantor Bawaslu Purwakarta oleh Anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja/RMOLJabar
Peresmian Kantor Bawaslu Purwakarta oleh Anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja/RMOLJabar

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta menggelar peresmian kantor baru yang beralamat di Jalan Dr Kusuma Atmaja, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta.


Peresmian tersebut ditandai dengan gunting pita yang dilakukan oleh Anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja dan disaksikan oleh Anggota Bawaslu Jawa Barat, Yulianto, Ketua DPRD Purwakarta, Ahmad Sanusi dan Sekretaris Daerah, Iyus Permana yang mewakili Bupati Purwakarta.

Dalam kesempatan itu, Rahmat Bagja mengingatkan agar Bawaslu Purwakarta melakukan persiapan diri guna menyongsong pemilu.

"Ada banyak rintangan terkait pengalaman Pemilu Serentak 2019 yang lalu. Sistem lima surat suara dinilai sangat kompleks dan menjadi beban berat penyelenggara. Beban itu akan kian berat jika pilkada berlangsung di tahun yang sama," terang Bagja, Rabu (8/9).

Bagja menerangkan, pada Februari 2024 akan ada pemilu dengan 5 kotak suara, kemudian November 2024 pilkada di 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi yang dilakukan bersamaan.

"Ini tentu tidak mudah bagi penyelenggara. Tetapi kami akan bekerja keras agar semua tahapan berjalan dengan lancar," terangnya.

Dia juga berharap, kehadiran kantor baru dapat menjadi semangat tersendiri untuk Bawaslu menghadapi pemilu mendatang.

"Kantor baru diharapkan menjadi semangat baru untuk menyongsong kesiapan Bawaslu Purwakarta dalam menghadapi Pemilu," bebernya.

Sementara, Ketua Bawaslu Purwakarta, Ujang Abidin berharap Pemda Purwakarta memfasilitasi sekretariat Bawaslu agar permanen dan tidak lagi ngontrak.

"Harapannya semoga pemda menganggarkan kantor permanen untuk hibah tahun depan guna optimalisasi persiapan pemilu," pungkasnya.