Sosialisasi Empat Pilar DPRD Jabar Mendapat Sambuatn Luar Biasa Dari Masyarakat

Bedi Budiman/RMOLJabar
Bedi Budiman/RMOLJabar

Awalnya program sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Jawa barat hanya dilakukan 80 orang anggota DPR RI. Padahal ada 50 juta penduduk Jawa Barat yang harus dijangkau.Oleh karena itu mulai tahun 2019 DPRD Jabar pun terjun menjalankan program tersebut.


Menurut Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman, langkah para anggota DPRD Jabar itu ternyata mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat yang dikunjungi.

"Sampai ada seorang warga yang mengucapkan 'Kang ieu mah kudu ma ti kamari atuh' (Pak ini seharusnya dari kemarin)," paparnya, Selasa (23/2).

Oleh karena itu, saat ini DPRD Jabar turut membantu tugas dari DPR RI dan keabsahannya tercantum melalui Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Bedi menyebut pihaknya lebih menukik ke masyarakat saat menyosialisasikan 4 pilar kebangsaan.

Pada prinsipnya, imbuh Bedi, yang terpenting untuk saat ini yakni tidak bermusuhan secara personal maupun paham yang dapat berpotensi menimbulkan jika kekerasan baru. Sebab, sebelum pihaknya turut menyisakan 4 pilar kebangsaan terjadi pergeseran nilai kebangsaan dan kenegaraan di masyarakat karena merasa diabaikan.

"Jadi mari sama-sama menjaga keutuhan NKRI dan yang bertugas untuk mencegah aparat penegak hukum," imbuhnya.

Dengan demikian Bedi berharap pendidikan dan pendukung lainnya merupakan fungsi pemerintah sipil yang mampu menjangkau masyarakat hingga ke akar rumput.