Suburkan Tanah Di Sepanjang DAS, Satgas Citarum Harum Taburkan Cairan Bios

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi saat menaburkan cairan Bios/Istimewa
Dansektor 7 Satgas Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi saat menaburkan cairan Bios/Istimewa

Penaburan cairan Bios dilakukan Dansektor 7 Satgas Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi bersama jajarannya di Sungai Citarum wilayah Sektor 7. Langkah tersebut dilakukan untuk mengembalikan kesuburan tanah di areal Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.


Cairan Bios ditaburkan dari mulai sungai di kawasan Desa Dayeuhkolot, Kelurahan Andir sampai dengan Desa Rancamanyar. Lebih kurang, 85 liter cairan Bios ditaburkan Satgas Citarum Harum di Sektor 7.

"Cairan Bios yang kami taburkan sebanyak 85 liter dengan rincian dua dirigen besar ukuran 30 liter dan lima dirigen ukuran lima liter," terang Kolonel Kav Purwadi, Rabu (13/1).

Ia menjelaskan, cairan Bios yang pihaknya taburkan dapat mengembalikan unsur hara tanah. Dengan demikian, nantinya tanah di sepanjang DAS Citarum yang menyerap cairan Bios bisa menjadi subur.

"Oleh karena itu, kami coba melakukan penaburan ke sungai Citarum dengan tujuan yang sama untuk mengembalikan unsur hara tanah sungai agar ikan di daerah tersebut dapat hidup," jelasnya.

Sebelum menaburkan cairan Bios, Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi terlebih dahulu memimpin apel pagi dan memberikan beberapa perintah serta penekanan bagi seluruh personel agar dalam pelaksanaannya tetap memerhatikan faktor keamanannya.