Sukses Di Papua, IPDN Geber Vaksinasi Calon Praja Dan Warga Sekitar Kampus

Vaksinasi calon praja IPDN/Ist
Vaksinasi calon praja IPDN/Ist

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) terus berupaya ikut andil dalam akselarasi vaksininasi demi terciptanya kekebalan komunal (herd immunity). IPDN tak hanya menyasar SDM internal dan warga sekitar kampus IPDN, tapi juga wilayah lain.


Pada 13-16 September, IPDN sukses menggelar gebyar vaksinasi di Papua.

"IPDN Kemendagri dan TNI AL tidak hanya melakukan vaksinasi di sekitar kampus, tapi kami juga berusaha untuk menyentuh ujung negeri ini yakni Papua. Kami menerjukan tim nakes gabungan ke beberapa titik lokasi seperti Kampus IPDN Papua, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom," kata Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, di Kabupaten Sumedang, Sabtu (18/9) kemarin.

Menyusul kesuksesan tersebut, kali ini IPDN Kemendagri kembali melaksanakan gebyar vaksinasi Covid-19. Gebyar tersebut merupakan vaksinasi dosis I dan II bagi calon praja dan masyarakat sekitar lingkungan kampus IPDN Jatinangor.

Pemberian vaksinasi ini dilakukan selama 2 hari yakni pada tanggal 17 hingga 18 September 2021 dan bertempat di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor. 

Peserta vaksinasi berjumlah 6.938 orang, yang terdiri atas dosis II bagi masyarakat sejumlah 5.006 orang, dosis I bagi masyarakat sebanyak 812 orang, dosis I bagi calon praja sebanyak 221 orang dan dosis II bagi calon praja sebanyak 899 orang. 

“Pemberian vaksinasi dosis I dan II kali ini dilaksanakan untuk calon praja IPDN dan masyarakat di Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Sukasari, Kecamatan Tanjungsari dan Kecamatan Rancaekek. Bakti sosial gebyar vaksinasi ini dilakukan untuk mendukung usaha pemerintah pusat juga pemerintah daerah dalam mencapai herd immunity. Khusus untuk Kabupaten Sumedang, diharapkan setelah adanya gebyar vaksinasi di IPDN ini masyarakat Sumedang yang sudah divaksin bisa mencapai 70%”, jelas Hadi.

Hadi menuturkan, pihaknya telah mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo dan Mendagri Tito Karnavian atas dedikasi yang diberikan oleh IPDN Kemendagri dalam membantu terciptanya target 70% herd immunity yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Hadi mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI AL, Pemda Kabupaten Sumedang, Relawan Nasional Covid 19, Pemerintah Provinsi Papua, Pemda Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Dinas Pendidikan Provinsi Jayapura dan seluruh pihak yang turut terlibat dalam menyukseskan gebyar vaksinasi yang dilakukan oleh IPDN. 

“IPDN bekerja sama dengan TNI AL dalam melakukan gebyar vaksinasi baik di Jatinangor maupun di Papua yang baru saja selesai kami laksakan. Alhamdulilah kegiatan tersebut berlangsung dengan sangat baik, aman karena menerapkan prokes yang ketat dan sukses. Vaksinasi pertama di Jatinangor dengan total peserta 5.431 orang, di Papua yang sudah tervaksin sebanyak 4.379 orang dan hari ini di Jatinangor untuk kedua kalinya dengan total peserta 6.938 orang. Sehingga alhamdulillah total yang sudah tervaksin mencapai 16.748 orang”, tandasnya.