Syarat Tak Lengkap, Polisi Belum Keluarkan Izin Kegiatan Reuni 212

Aksi 212 di Monas pada Desember 2016/Net
Aksi 212 di Monas pada Desember 2016/Net

Rencana Persaudaraan Alumni (PA) 212 menggelar reuni di kawasan patung kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, belum memperoleh izin keramaian dari pihak kepolisian.


Hal tersebut ditegaskan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/11).

“Hingga saat ini perlu saya sampaikan Polda Metro Jaya belum mengeluarkan izin kegiatan. Jadi belum memiliki izin kegiatan untuk kegiatan 212,” kata Zulpan, diwartakan Kantor Berita Politik RMOL.

Zulpan mengatakan, pihak panitia reuni 212 telah menyampaikan proposal kegiatan acara sebagai salah satu prasyarat mendapatkan izin dari pihak kepolisian. Namun pihaknya belum mengeluarkan izin lantaran ada beberapa persyaratan belum terpenuhi.

“Ya sudah ada yang mengajukan pada hari Kamis tanggal 18 November 2021. Ini diajukan pada kita. Namun kita belum memberikan rekomendasi karena kelengkapan administrasi, persyaratan-persyaratan yang seperti saya sampaikan tadi. Itu belum dipenuhi,” pungkas Zulpan.

Zulpan menjelaskan, untuk mendapatkan proses perizinan dari kepolisian harus melengkapi seluruh persyaratan adminitrasi antara lain surat permohonan izin keramaian, harus ada rekomendasi dari Satgas Covid-19. Mengingat, saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Lalu, harus ada surat izin tempat lokasi terkait dengan tempat yang akan digunakan untuk kegiatan. Izin ini tidak dikeluarkan kepolisian, tetapi pengelola lokasi tersebut.

Di samping itu, harus ada surat rekomendasi dari Polres, serta mengajukan proposal kegiatan. Ini menyangkut pola pengamanan apabila kegiatan tersebut mendapat izin.