Tak Pakai Masker, Wisatawan Bakal Ditolak Masuk Objek Wisata Kura-kura Belawa Cirebon

Antrean pengunjung saat hendak memasuki objek wisata konservasi kura-kura Belawa (Cikuya)/RMOLJabar
Antrean pengunjung saat hendak memasuki objek wisata konservasi kura-kura Belawa (Cikuya)/RMOLJabar

Seluruh wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah diwajibkan memakai masker saat mengunjungi Objek Wisata Konservasi Kura-kura Belawa (Cikuya) di Kabupaten Cirebon.


Apabila tidak mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) khususnya memakai masker, wisatawan tak akan diperbolehkan masuk ke tempat wisata tersebut.

Petugas loket di Objek Wisata Konservasi Kura-kura Belawa (Cikuya), Duliman (50) mengatakan, pengetatan Prokes bagi seluruh wisatawan merupakan upaya menekan penyebaran virus corona. 

“Jadi kewajiban memakai masker ini untuk semua pengunjung tidak terkecuali, jika tidak mau pakai masker kami tolak masuk demi menjaga pengunjung yang lain,” tegasnya, saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (14/5).

Sementara itu, salah seorang wisatawan asal Karangmangu, Cirebon, Arif (42) mengaku sangat setuju dengan kebijakan dan ketegasan pengelola Objek Wisata Konservasi Kura-kura Belawa (Cikuya) bagi pengunjung tidak memakai masker. 

“Kami sangat setuju dengan kebijakan pengurus obyek wisata disini, karena telah mengantisipasi penularan Covid-19 saat berwisata,” kata Arif.

Menurutnya, kepatuhan wisatawan setiap orang memakai masker dapat mencegah penularan virus corona. Sehingga, setiap orang wajib waspada dengan menerapkan Prokes.

Pantauan di lapangan, setiap pengunjung baik anak-anak maupun dewasa sebelum memasuki Objek Wisata Konservasi Kura-kura Belawa (Cikuya) harus mencuci tangan, diperiksa suhu tubuh, dan wajib memakai masker.