Terapkan Prokes Di Masa AKB, Pemkab Bekasi Gelar MTQ Pekan Depan

Kabag Kesra Setda Kabupaten Bekasi, Beni Yulianto Iskandar/Ist
Kabag Kesra Setda Kabupaten Bekasi, Beni Yulianto Iskandar/Ist

Kegiatan tahunan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-52 tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2020 bakal segera digelar Pemkab Bekasi. Rencananya, acara tersebut akan berlangsung di Kecamatan Cikarang Pusat pada 23-27 November mendatang.  


Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Bekasi, Beni Yulianto Iskandar menerangkan, pelaksanaan MTQ akan dilakukan dengan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) dan Protokol Kesehatan (Prokes) lantaran masih dalam situasi pendemi Covid-19.

“Kita akan mengadopsi MTQ Jabar ke-36 di Subang September lalu. Dalam pelaksanaannya menggunakan adaptasi kebiasan baru dengan menjadwalkan pelaksanaan lomba secara bergilir tidak disekaliguskan, akan kita atur dalam satu hari hanya 7 dan 8 kecamatan saja yang berlomba InsyaAllah dalam tiga hari bisa selesai,” ujarnya. Jumat (20/11).

Sementara untuk penginapan bagi peserta, terang Beni, official dan dewan hakim tidak lagi mengunakan pemukiman warga. Meskipun Desa Sukamahi, di Kecamatan Cikarang Pusat termasuk dalam zona hijau, semua akan diinapkan di hotel.

“Kita tidak ingin menimbulkan kerumunan baru selain itu di hotel protokol kesehatannya lebih terjaga sehingga bisa dikoordinir dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, pawai ta’aruf yang menjadi salah satu daya tarik MTQ, termasuk acara hiburan seperti gambus, dan qasidahan akan ditiadakan agar tidak ada kerumunan dan klaster baru Covid-19.

Begitu pula untuk pembukaan yang akan dilakukan di halaman Kantor Kecamatan Cikarang Pusat dengan undangan tertentu saja, seperti Kepala KUA, dewan hakim, Forkopimda serta jajaran pejabat di Kemenag Kabupaten Bekasi.

“Untuk publikasi kita berkoordinasi dengan Diskominfo untuk memaksimalkan sarana media yang ada melalui media eletronik seperti radio dan TV streaming untuk menambah daya syiar. InsyaAllah pa Bupati hadir dan tema kita ini mari kita wujudkan manusia yang unggul dan qurani untuk Kabupaten Bekasi dua kali tambah baik,” tandasnya.