Terima Ribuan Mahasiswa, Ini Strategi Rektor UTama

Rektor Universitas Widyatama, Obsatar Sinaga/RMOLJabar
Rektor Universitas Widyatama, Obsatar Sinaga/RMOLJabar

Minat masyarakat untuk bisa berkuliah di Universitas Widyatama (UTama) Bandung tergolong tinggi. Dari 3.700 pendaftar, UTama menerima sebanyak 2.300 mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2020/2021.


Ribuan mahasiswa baru tersebut diterima di lima fakultas, antara lain Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa, Fakultas Teknik, Sekolah Pascasarjana, dan 21 Program Studi (Prodi). Termasuk Prodi baru, yakni Perdagangan Internasional, Perpustakaan dan Sains, serta Film dan Televisi.

Demikian disampaikan Rektor UTama, Prof. Obsatar Sinaga usai Sidang Terbuka Senat Guru Besar dalam acara Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020-2021, yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Widyatama, Bandung, Sabtu (19/9).

"Kita Widyatama Alhamdulillah peminatnya masih tinggi. Jumlah pendaftar 3.700, kita hanya menerima 2.300 karena ketersediaan kelas," ujar Prof. Obi sapaan Obsatar Sinaga.

"Kalau nanti setelah pandemi, pada bulan Januari kan kita harus balik kelas. Kita kelasnya hanya cukup untuk 2.300 penerimaan yang baru, jadi sisanya kita nggak terima," imbuhnya.

Adapun strategi yang diterapkan UTama untuk para mahasiswa baru, terang Prof. Obi, pihaknya memberlakukan kuliah 2 hari. Selain itu, kegiatan perkuliahan juga dilakukan secara online.

"Dua hari boleh Senin-Selasa, Rabu-Kamis atau Jumat-Sabtu. Dua hari itu, satu hari dia ngambil tiga mata kuliah. Satu mata kuliah 3 SKS, berarti dua hari 18 SKS cukup satu paket," terangnya.