Terungkap, Sekretaris PAN Kuningan Terpaksa Mundur Karena Ayahnya Jadi Ketua Partai Umat

Uba Sobari/RMOLJabar
Uba Sobari/RMOLJabar

Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Kuningan secara resmi menerima SK dari DPP PAN terkait putusan Musda dengan Ketua Uba Sobari, Sekretaris Raka Maula Wijaya dan Bendahara oleh Ade Ja'far Sidiq.


Namun, dalam persiapan pengukuhan struktur DPD PAN Kuningan, Raka Maulana Wijaya secara resmi mengirimkan surat pengunduran diri dari jabatan sebagai Sekretaris DPD PAN Periode 2021-2026.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua DPD PAN Kuningan, Uba Sobari, saat ditemui usai Rapat Koordinasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Barat bersama DPD dan DPC se-kabupaten Kuningan, di RM Lembah Ciremai, Kamis (10/6).

"Adanya surat pernyataan mengundurkan diri dari Saudara Raka Maula Wijaya, dalam posisi dan jabatan sekretaris PAN itu benar, dan sekarang kami telah mengajukan resufhlle untuk struktural di partai," ungkap Uba yang juga menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin).

Menurut politisi senior PAN Kuningan itu, mundurnya  Raka dari jabatan Sekretaris tidak akan merubah tatanan dan kekuatan partai untuk mendapat kepercayaan dalam melayani lapisan masyarakat.

“Adanya kemunduran yang di lakukan saudaraku, Raka itu tidak akan merubah tatanan partai. Selain itu, kami sudah mengusulkan dua nama untuk menggantikan posisi sekretaris,” tegasnya.

Uba mengatakan bahwa mereka pantas untuk menggantikan dan menduduki posisi tersebut.

“Dua nama yang kami ajukan itu, ada Ade Jafar Sidiq dan bambang Lugina Marhaen. Kedua ini tokoh partai militan,” kata Uba.

Ia kemudian menjelaskan latar belakang mundurnya Raka dari jabatan Sekretaris DPD PAN Kuningan.

“Jadi begini, orang tua Raka itu Ketua Partai Ummat dan Raka sendiri sekretaris DPD PAN, pada waktu itu diberikan pilihan kepada keduanya, apakah Pak Maman yang mesti mundur dari Ketua Partai atau Raka? Hasil dari kesepakatan tersebut, akhirnya muncul bahwa sosok Sekretaris DPD PAN ini mundur dari jabatan,” terangnya.

Terlepas dengan permasalahan tersebut, Uba meyakini, bahwa pelaksanaan roda partai tetap berjalan. Hal itu menyusul dengan kegiatan saat ini, yakni melaksanakan rapat kordinasi untuk melangsungkan kegiatan Muscab di masing – masing Kecamatan.

“Meski ada permasalahan dalam perubahan nama di struktural partai, kegiatan partai tetap berjalan dan sesuai dengan arahan DPW PAN Jabar. DPD PAN Kuningan dalam waktu harus selesai melakukan Muscab untuk kepengurusan di Kecamatan hingga ranting,” pungkasnya.