Teten Masduki Janjikan Bantuan Modal Bagi Petani

Bantuan modal akan diberikan Kementerian Koperasi dan UKM kepada para petani untuk meningkatkan produksi pertanian. Namun, para petani diminta tidak menanam sayuran, melainkan tanaman hortikultura.


 

Demikian disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat menyambangi Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut dalam pemberian sertifikat tanah yang dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Teten mengatakan, pemberian bantuan modal dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Dirinya pun meminta para petani untuk membentuk koperasi.

"Bentuk koperasi nanti saya bantu. Saya yang isi kegiatan produksinya. Pak Menteri ATR/BPN sudah bantu sertifikat tanahnya. Sekarang tinggal produksinya," ujar Teten, Senin (23/12).

Selain itu, para petani juga diimbau untuk tidak menanam sayuran. Teten meminta para petani agar menanam tanaman hortikultura, seperti pisang dan kopi.

"Ini kan lahan konservasi juga. Tadi saya lihat ada yang tanam pisang, bagus. api belum bisa diperdagangkan ke pasar global," ujarnya.

Untuk itu, Teten menyarankan agar petani menanam pisang yang banyak dicari di pasaran. Misalnya, petani bisa membudidayakan Pisang Raja Bulu, Mas Kirana dari Lumajang atau Pisang Barangan.

"Permintaan (produk pisang) dalam negeri tinggi, apalagi ekspor. Nanti coba akan saya ajak pengusaha hortikultura ke Garut," tandasnya.