Tiga Poros Koalisi Diprediksi Terbentuk di Pilpres 2024

Ilustrasi Pilpres 2024/Net
Ilustrasi Pilpres 2024/Net

Tiga pasangan capres-cawapres dengan tiga poros koalisi partai politik diprediksi akan terbentuk pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.


Pengamat politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga berpandangan, usai Golkar, PAN serta PPP bertemu dan menyatakan berkoalisi, maka hal yang sama juga bakal dilakukan oleh Nasdem, PKS serta Demokrat.

Sedangkan dua partai lain yakni PDI Perjuangan bersama Gerindra, yang kemungkinan besar koalisi usai Prabowo menyambangi Megawati Soekarnoputri pada momen Idulfitri.

"Ketiga poros itu PDIP-Gerindra, Golkar-PPP-PAN, dan Nasdem-Demokrat-PKS,” ujar Jamiluddin seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (15/5).

Jamiluddin mengatakan, meski dapat diprediksi melahirkan tiga pasangan calon, akan tetapi kandidat capres dan cawapres yang bakal diusung hingga saat ini belum bisa ditebak apalagi dipastikan.

Namun, ia meyakini tiga paslon yang bakal muncul itu adalah Prabowo-Puan, Airlangga-Ganjar, dan Anies-AHY.

"Hanya saja, ada kemungkinan poros PDIP-Gerindra akan mengusung Prabowo-Puan. Poros Golkar-PPP-PAN diperkirakan akan mengusung Airlangga-Ganjar. Sementara poros Nasdem-Demokrat-PKS kemungkinan besar mengusung Anies-AHY,” ucapnya.

"Tiga pasangan itu tampaknya seimbang. Karena itu, kontestasi pilpres 2024 akan berjalan ketat dan berpeluang  berlangsung dua putaran,” demikian Jamiluddin.