Tingkat Literasi Di Pangandaran Masih Rendah, Kadisdikpora Ajak Mahasiswa Melek Informasi

M Agus Nurdin/RMOLJabar
M Agus Nurdin/RMOLJabar

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran mengajak para Mahasiswa melek informasi dan banyak membaca. Pasalnya, hingga saat ini tingkat literasi di daerah tersebut masih rendah.


Diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran Agus Nurdin tingkat literasi di Pangandaran masih di angka satu koma.

" Dari satu sampai empat, indeks literasi di kita itu baru mencapai 1,7 saja," jelas Agus kepada kantor berita RMOLJabar usai mengisi acara silaturahmi dengan Keluarga Mahasiswa Pangandaran, Kamis (19/5).

Kemampuan literasi, kata Agus, bukan hanya membaca. Namun, tambah ia, berbagai macam literasi seperti digital, numerik, finansial.

" Ya kemampuan literasi ini menjadi dasar pembangunan  dan pengembangan kompetensi. bohong dong kalau bicara kompetensi tanpa literasi,"tegasnya.

Lebih lanjut, Agus meminta, Mahasiswa di pangandaran literasinya harus diatas rata rata. Minimalnya, harap ia, tingkat literasinya bisa masuk di angka 2,8 dari 4.

" Dengan cara apa meningkatkannya, ya dengan membaca buku, belajar berpikir kritis, saling berkolaborasi dan berkreatifitas," Imbuhnya.