Tingkatkan Kepatuhan Dan Kedisiplinan Masyarakat, GTPP Kota Bandung Luncurkan Mobile Covid Hunter

Pluncuran mobile covid hunter/RMOLJabar
Pluncuran mobile covid hunter/RMOLJabar

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Bandung meluncurkan Mobile Covid Hunter. Peluncuran dilakukan di halaman Mapolrestabes Bandung dan dihadiri Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Rabu (23/09).


Mobile Covid Hunter terdiri dari 200 kendaraan khusus milik TNI, kepolisian, dan Pemerintah Kota Bandung yang akan berpatroli di seluruh wilayah kota. Mobil patroli Satpol PP, kendaraan Tim Prabu, dan mobil pemadam kebakaran pun difungsikan sebagai moda pengamanan.

Langkah tersebut merupakan upaya meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan, kepatuhan masyarakat menjadi kunci utama dalam penanganan pandemi Covid-19. Kepatuhan ini harus terus ditingkatkan.

"Perilaku masyarakat menjadi salah satu kunci untuk menyelesaikan pandemi ini. Sekarang upaya apapun akan dilakukan pemerintah kota beserta seluruh stakeholder," ucap wakil wali kola usai meluncurkan Mobile Covid Hunter.

"Kalau perilaku warganya tidak membantu, mengubah, dan tidak menerapkan protokol kesehatan itu jadi beban berat bagi kita semua," imbuhnya.

Ia menuturkan, tingkat kepatuhan masyarakat saat ini cenderung menurun. Untuk itu, gugus tugas perlu terus mengingatkan warganya agar tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan launching Mobile Covid Hunter ini kita semua terus mengingatkan masyarakat minimal untuk berperilaku sehat dan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

"Ini suatu bentuk kolaborasi dari seluruh stakeholder yang ada di Kota Bandung. Pemkot, TNI, Polri, beserta seluruh unsur yang ada. Bagaimana kita semua sama-sama terus mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 itu masih ada. Meskipun di Kota Bandung relatif terkendali," ujarnya.

Yana berharap cara itu bisa meningkatkan kepatuhan warga akan menjaga diri dari paparan virus corona, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

"Kalau itu dilakukan serentak masif oleh seluruh masyarakat insyaallah kita semua sehat dan pandemi Covid-19 berakhir," jelasnya.