Tips selamat Dimasa Pandemi Menurut Doni Monardo: Iman, Aman Dan Imun

Doni Monardo/Net
Doni Monardo/Net

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengingatkan agar masyarakat di tiap daerah meningkatkan kesadaran akan pentingnya memutus rantai penyebaran virus Covid-19.


"Banyaknya daerah dengan risiko sedang jangan sampai membuat kita lalai sehingga daerah tersebut menjadi risiko tinggi. Upaya yang harus kita lakukan untuk membuat daerah dengan risiko tinggi dan sedang menjadi rendah, sedangkan daerah yang tidak ada Covid-19 tetap terjaga,” jelas Doni Seperti dalam puncak acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2020 yang dihelat di Ruang Sebaguna Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa (13/10).

Tak hanya kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan Covid-19, Doni juga mengimbau masyarakat untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan agar terhindar dari papran virus mematikan tersebut. Ia merumuskan tiga hal, yakni Iman, Aman dan Imun sebagai panduan masyarakat agar selamat di masa pandemi.

Ia menegaskan, tiga hal tersebut harus dilakukan dan dalam hal ini masyarakat harus menjadi ujung tombak dalam rangka pencegahan penularan virus asal China tersebut, sedangkan tim medis adalah garda terakhir.

“Pencegahan dengan 3 hal utama menghindari Covid-19 yakni Iman, Aman, dan Imun. Iman dengan menjalankan ibadah sesuai agama; Aman dengan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan; dan Imun dengan olahraga teratur, istirahat cukup, tidak panik, dan makanan bergizi,” tandas Doni.