Tokopedia terus berupaya meningkatkan daya saing pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Barat. Berbagai pelatihan dan pembinaan pun gencar dilakukan melalui program Kelas Maju Digital.
Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega mengatakan, program yang berjalan sejak 2019 lalu tersebut merupakan komitmen dalam mendukung UMKM mengembangkan bisnis agar tidak kalah bersaing.
"Kita kolaborasi dengan Pemprov Jabar memberdayakan, melatih bisnis online untuk UMKM. Ada sekitar 500 UMKM untuk bagaimana caranya mereka ciptakan peluang di era digital," terang Antonia di Kozi Coffee Dipatiukur Bandung, Kamis (13/6).
Selain program tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia juga memberikan pelatihan khusus bagi kaum hawa lewat Kelas Perempuan Digital. Mereka dilatih dan dibina agar semakin cakap memanfaatkan teknologi dalam usahanya.
"Melalui Program Sekoper Cinta dengan DP3AKB Provinsi Jawa Barat, kita melatih lebih dari 500 UMKM perempuan untuk memanfaatkan platform digital," ujarnya.
Di samping itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga konsisten menjalankan program kampanye Beli Lokal untuk meningkatkan penjualan pelaku UMKM lokal.
Pada momentum Iduladha tahun ini, Tokopedia dan ShopTokopedia telah menyiapkan promo Belanja Hari Raya untuk mempermudah masyarakat mengakses berbagai produk kebutuhan.
Salah satu brand yang merasakan manfaat berbagai program Tokopedia dan ShopTokopedia ialah Flashy. Brand fesyen lokal asal Kota Bandung tersebut tetap bertahan sejak 26 tahun silam.
Owner Flashy, Windy Wulandari mengakui keberadaan platform digital seperti Tokopedia serta ShopTokopedia sangat membantu memperluas pasar. Bahkan, saat ini Flashy telah menembus pasar nasional dan luar negeri.
“Selain efisiensi biaya operasional, Tokopedia membantu kami meningkatkan penjualan dan memperluas pasar, khususnya melalui berbagai kampanye,” beber Windy.
Berkat sejumlah kampanye, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest, Parade Diskon, PayDay Sale, Beli Lokal, dan lainnya, Windy mengungkap, Tokopedia menyumbang hingga 40 persen dari total omzet Flashy.
"Kalau sekarang omzet total (offline dan online) dalam setahun itu Rp3 miliar-Rp5 miliar," pungkas Windy.
© Copyright 2024, All Rights Reserved