Total Korban Jiwa Longsor Cimanggung Yang Berhasil Ditemukan Tim SAR Gabungan 21 Orang

Kepala Bagian Humas Kabupaten Sumedang, Asep Taufik/RMOLJabar
Kepala Bagian Humas Kabupaten Sumedang, Asep Taufik/RMOLJabar

Tim SAR Gabungan kembali menemukan 5 korban terdampak peristiwa tanah longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang pada Rabu (13/1). Sehingga, total korban jiwa yang berhasil ditemukan berjumlah 21 orang.


Kepala Bagian Humas Kabupaten Sumedang, Asep Taufik mengungkapkan, korban yang belum ditemukan diperkirakan ada 21 orang. Akan tetapi jumlah tersebut merupakan data sementara dan dapat bertambah apabila ada laporan dari para pengungsi.

"Mudah-mudahan pencarian ini berlangsung lebih baik lagi dan cuaca mendukung," ujar Asep, Rabu (13/1).

Selain itu, terkait tempat pengungsian dibagi menjadi 3 zona dengan radius 30 meter dari lokasi kejadian. Zona 1 berada di daerah Dusun Bojongkondang yang terdiri dari 500 jiwa atau 143 Kepala Keluarga (KK) dan evakuasi korban diarahkan ke SD Cipareuag. 

"Di zona 2 berada di Taman Burung dengan jumlah 396 jiwa atau 92 KK," terangnya.

Sedangkan zona tiga 3 yang terletak di SD Azahra terdapat 124 Jiwa atau 32 KK. Namun, jumlah tersebut bukan karena tanah longsor melainkan korban banjir dan masih warga Desa Cihanjuang.

"Sehingga, total keseluruhan korban 1.020 Jiwa atau 267 KK," tambahnya.

Menurutnya, saat ini masih terdapat pengungsi yang berada di rumah warga maupun kerabatnya. Akan tetapi pihaknya telah menyiapkan fasilitas termasuk dapur umum yang bersiaga.

"Kalau sewaktu-waktu para pengungsi membutuhkan tenda darurat sudah disiapkan beserta dukungan logistik," tuturnya.

Pemkab Sumedang akan melakukan pendataan berdasarkan nama dan alamat terhadap korban yang berada di rumah warga atau kerabat. Pasalnya, hal tersebut menyangkut alokasi bantuan dan intinya pemerintah sudah menyiapkan tempat mengungsi beserta logistiknya.

Sementara itu, imbuh Asep, terkait kondisi kesehatan para pengungsi hingga saat ini belum terdapat laporan perihal gangguan kesehatan yang dialami. Jika ke depannya ada pihaknya pun telah melibatkan tim kesehatan untuk memantau kondisi para pengungsi.

"Kami juga mengupayakan semaksimal mungkin," imbuhnya.

Adapun rincian perkembangan terkait data korban tanah longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, total sementara korban meninggal dunia berjumlah meninggal dunia  21 orang. Sedangkan korban yang masih dalam pencarian berjumlah 19 orang, luka 25 orang, luka berat 3 orang, dan luka rungan 22 orang.