Tradisi Di PAN, Jagoan Amien Rais Yang Bakal Menang

Tradisi Di PAN, Jagoan Amien Rais Yang Bakal Menang

Persaingan dalam perebutan kursi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) menjelang Kongres V PAN, Februari mendatang semakin menghangat. Selain petahana Zulkifli Hasan ada nama-nama lain yang berniat maju merebut kursi ketua umum.


 

Wakil Ketua Umum PAN, Mulfachri Harahap maju dengan dukungan politik dari sang pendiri Amien Rais. Ada pula mantan Menteri Jokowi, Asman Abnur yang juga sudah mendeklarasikan diri akan bersaing dengan Mulfachri dan Zulkifli Hasan.

Melihat peta perebutan Ketua Umum partai berlambang matahari putih itu, pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menyatakan, pertarungan merebut pucuk pimpinan PAN tak akan lepas dari dua jangkar utama PAN saat ini yakni Amien Rais dan Zulkifli Hasan.

"Kedua jangkar kekuatan yang sekarang sedang bersaing yakni Amien Rais dan Zulkifli Hasan," kata Umam seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (28/1).

Saat ditanya tentang siapa yang paling berpeluang memenangkan perebutan kursi PAN 1 tersebut, Umam punya pandangan tersendiri. Menurutnya, dukungan Amien Rais menjadi faktor kunci untuk merebut kemenangan.

"Tradisinya, siapa yang didukung Amien Rais dialah pemenangnya," tandas Umam.

Mulfachri Harahap dalam beberapa kesempatan bertemu pengurus daerah langsung ditemani oleh Amien Rais. Bahkan sang putra Hanafi Rais digadang-gadang menjadi Sekretaris Jenderal partai apabila Mulfachri berhasil terpilih.

Peta dukungan yang sudah di klaim oleh petahana sebanyak 30 Dewan pimpinan Wilayah (DPW) diprediksi masih akan mencair hingga pelaksanaan Kongres nanti pada 10-12 Februari di Kendari, Sulawesi Tenggara.