Transit Oriented Development Mulai Dikembangkan di Kabupaten Bekasi

Peresmian Transit Oriented Development di Jababeka/RMOLJabar
Peresmian Transit Oriented Development di Jababeka/RMOLJabar

Pemerintah Kabupaten Bekasi mengapresiasi dan mendukung PT Jababeka Infrastruktur yang mengembangkan konsep kawasan berorientasi trans atau Transit Oriented Development (TOD).


Hal itu disampaikan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, saat menghadiri penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) dan Memorandum of Understanding (MoU) layanan Trans Jababeka di Hollywood Junction Jababeka Cikarang Utara, Rabu (7/9).

"Ya kami mengapresiasi Jababeka Insfrastruktur yang mengubah paradigma pembangunan kawasan, dengan tidak lagi berorentasi pada kendaraan pribadi, melainkan lebih menekankan pengembangan infrastruktur pejalan kaki maupun kendaraan umum (mass public transportation)," ujarnya.

Dani juga mengatakan, sekitar 3,8 juta penduduk di Kabupaten Bekasi sangat membutuhkan pergerakan angkutan umum yang masif.

"Dalam rangka mengurangi emisi bahan bakar dan juga mengurangi biaya perjalanan warga tiap harinya, terlebih dengan kenaikan harga BBM yang cukup memberikan dampak yang signifikan di kehidupan masyarakat, karena dengan naiknya harga BBM juga berimbas kepada naiknya harga bahan pokok dan juga lainnya," ungkapnya.

Dani juga berharap dengan dilaksanakannya penandatanganan kerjasama ini, dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi beban masyarakat.

"Kami juga berharap, PT Jababeka Infrastruktur dapat memberikan kenyamanan yang maksimal dan memaksimalkan grenn energy. Perubahan ini tentu saja bukan hanya mengenai sarana angkutan umum saja, namun juga konsep pembangunan kota yang memberikan kemudahan dan kenyamanan, terutama bagi warga Kabupaten Bekasi, yang meliputi penataan integrasi antar moda transportasi," ungkapnya. 

Dani juga mengajak dan mendorong masyarakat Kabupaten Bekasi untuk menggunakan Trans Jababeka sebagai sarana transportasi. 

"Bagi masyarakat Kabupaten Bekasi, khususnya yang berkegiatan di Jababeka atau dari kabupaten Bekasi ingin ke Jakarta, Blok M, bandara, Bandung, bahkan ke kota-kota di Jawa tengah, silahkan manfaat kan Trans Jababeka ini, fasilitasnya sangat nyaman dan terjangkau, dan aman pastinya," ujarnya. 

Acara tersebut dihadiri unsur Forkopimda, Direktur Utama PT Graha Buana Cikarang, Direktur PT Jababeka Infrastruktur dan jajaran pimpinan manajemen dari moda transportasi yang ikut bekerjasama, yakni DAMRI, PPD, Primajasa, Swoop, Sinar Jaya dan Starvo.