UBP Karawang Punya Kiat Sendiri Agar Bisa Gelar KKN Di Tengah Pandemi

Ditengah pandemik Covid-19 Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang tetap mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).


Disampaikan Ketua LPPM UBP, Hanny Hikmayanti, dalam kondisi apapun pihaknya tetap akan  mengemban tugas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

"KKN 2020 tetap diadakan walaupun kita semua tahu, saat ini sedang mewabah Covid-19," ujarnya, kepada kantor berita RMOLJabar, Kamis(30/7).

Dijelaskan Hanny, pelaksanaan KKN tahun ini disesuaikan dengan situasi yang tengah dilanda wabah virus Covid-19.

"KKN tahun 2020 ini diadakan secara online, mahasiswa tidak membuat posko, tidak membuat kegiatan yang mengundang masyarakat berkerumun, semua kegiatan kita kemas dengan online,"katanya.

"Sudah kami persiapkan sistem ataupun aplikasi yang mensupport kegiatan KKN Online ini”, imbuh Hanny.

Saah satu sasaran program tahun ini adalah membuat Profiling Desa untuk agar pemerintah setempat bisa menjalankan pembangunan secara berkelanjutan. Hasil KKN ini kedepannya bisa digunakan untuk jadi bahan kajian dalam menentukan program-program pembangunan di masa yang akan datang.

“Adapun peserta Mahasiswa KKN Online ini berjumlah 1304 orang, dengan 16 kecamatan, 16 polsek, 108 desa sasaran, dan 143 dosen pembimbing yang terlibat." sebut Hanny.

Pelepasan mahasiswa KKN dilakukan pada Rabu(29/7) dilakukan melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara live melalui Youtube. Pada pelepasan tersebut dihadiri pula perwakilan dari pemerintah kabupaten karawang serta stakeholder terkait.