Usai Dilakukan Swab Test, Klaster Ponpes Di Kuningan Bertambah

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Usai dilakukan swab test pada pekan lalu di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Putri Desa Ciomas Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, kasus positif Covid-19 di Klaster Ponpes terus bertambah. 


Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Susi Lusiyanti saat dihubungi Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (8/6).

"Pekan lalu ditemukan 32 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian juga sudah dilakukan tes swab kepada 120 orang. Hasilnya kasus dari klaster ponpes bertambah 38 kasus dan total santri yang positif Covid-19 disana sebanyak 70 orang," ujar Susi. 

Menurutnya, saat ini 70 santri yang positif tersebut sedang menjalani isolasi mandiri dan semuanya dalam kondisi tanpa gejala. 

Ia juga menjelaskan dalam 5 hingga 7 hari kedepan 70 santri tersebut akan kembali menjalani tes swab.

"Alhamdulillah mereka dalam kondisi sehat tanpa gejala dan sudah diisolasi mandiri. Nanti satu lima sampai tujuh hari kedepan akan kita swab ulang," jelasnya. 

Sebelumnya diketahui ada 32 santri di Ponpes Al-Ikhlas yang positif Covid-19. Setelah temuan itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan langsung menggelar swab massal terhadap 120 orang seperti santri dan kontak erat.

Saat ini seluruh aktivitas di lingkungan Ponpes Al-Ikhlas sendiri sudah dihentikan sementara oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Kuningan. Dan untuk pembelajaran dilakukan secara Daring.