Usai Jalani Operasi, Ini Saran Dokter Untuk Sunarti

RMOLJabar. Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung telah berhasil melakukan operasi bariatrik atau bedah lambung terhadap Sunarti (39) wanita penderita obesitas asal Karawang, Jawa Barat, Senin (18/2).


"Jadi lambung bu Sunarti ini dipotong untuk dengan tujuan mengurangi volumenya, kapasitasnya sehingga jumlah makanan yang bisa dikonsumsi itu sangat berkurang," ungkap salah satu anggota tim dokter yang menangani Sunarti, Reno Rudiman saat ditemui usai operasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Jl. Pasteur No 38, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung.

Selain itu, terdapat juga bagian dari lambung, yang sensor laparnya itu ikut terbuang, sehingga nantinya walaupun volume makanan yang dikonsumsi sedikit, Sunarti tidak akan  merasa lapar.

Diharapkan dengan penurunan volume makanan yang sangat bermakna ini akan dengan cepat menurunkan berat badan sehingga tercapai berat badan ideal yang diinginkan.

Ia menjelaskan, Operasi bariatrik akan menimbulkan efek samping, diantaranya adalah efek negatif berupa kekurangan vitamin. Reno menyarankan bagi pasien yang menjadi operasi ini untuk mengkonsumsi vitamin seumur hidupnya.

"Selain makanan vitamin juga berkurang jadi oleh karena itu mereka yang menjalani operasi pemotongan lambung seperti ini dianjurkan seumur hidupnya mengkonsumsi vitamin itu saja," saran Reno.

Dengan mengkonsumsi penambahan suplemen ini, biasanya kondisi pasien menjadi baik. Sehingga yang tidak diharapkan akibat dari penyakit kekurangan vitamin itu tidak akan terjadi.

Operasi bariatrik sendiri biasa dilakukan untuk pasien Obesitas, dengan cara memotong lambung pasien. Langkah selanjutnya bagi pasien yang telah melakukan operasi hanya boleh mengkonsumsi makanan berupa cairan seperti minuman, susu, selama dua minggu.

"Itu diperlukan untuk kesembuhan lambung yang dipotong, jadi dia betul-betul sambungannya baik, lukanya sembuh, barulah dua minggu pasca bedah diberikan makanan yabg lebih padat," lanjut Reno.

Setelah operasi dan terjadi penurunan berat badan lemak tubuh akan berkurang. Namun demikian kulit tidak menyusut sehingga akan ada kulit yang menggelambir di lengan, paha, dan dada.

"Setelah mencapai berat badan idealnya maka sebaiknya menjalani operasi bedah plastik untuk membuang kulit glambir," saran Reno.  [gan]