Volume Penumpang Meningkat, KAI Imbau Datang Ke Stasiun Lebih Awal

Penumpang yang hendak berangkat di Stasiun Bandung/Ist
Penumpang yang hendak berangkat di Stasiun Bandung/Ist

Libur panjang dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan diikuti cuti bersama tak dipungkiri dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berwisata menggunakan moda kereta api. Ada baiknya masyarakat memperhatikan sejumlah hal bila akan bepergian menggunakan KA dan sudah memiliki tiket.


Walaupun volume penumpang tertinggi kereta api jarak jauh dari Daop 2 Bandung pada momen libur terjadi pada Selasa 27 Oktober 2020 dengan mengangkut sekitar 3000 penumpang, dan berdasarkan update pemesanan tiket pukul 08.00 WIB, jumlah penumpang hari ini masih cukup tinggi yakni sebanyak 1.500. Angka ini masih akan bertambah mengingat penjualan tiket dilakukan secara online dan go show sebelum 3 jam keberangkatan KA.

Bertambahnya jumlah penumpang dan juga penambahan hingga 14 trip kereta per hari dari Daop 2 Bandung, tentunya akan mempengaruhi antrean di stasiun. Oleh karenanya masyarakat diimbau agar dapat mengatur waktunya dengan baik, estimasikan waktu perjalanan dari rumah ke stasiun keberangkatan, jangan sampai terlambat atau tertinggal kereta api.

"Dikarenakan akan ada proses pemeriksaan persyaratan, maka penumpang diimbau untuk datang lebih awal ke stasiun. Adapun waktu paling lambat untuk sudah berada di stasiun yakni 30 menit sebelum KA berangkat,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea dalam keterangannya kepada redaksi, Kamis (29/10).

Kemudian pihaknya mengimbau pelanggan yang ingin melakukan Rapid Test di Stasiun agar melakukannya paling lambat H-1 tanggal keberangkatan. Tujuannya untuk menghindari kepadatan antrean layanan Rapid Test dan potensi tertinggal KA.

"Pada momen libur long weekend kali ini terjadi kenaikan dua kali lipat jumlah peserta rapid test di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong, di mana biasanya 300 peserta per hari kini mencapai 700 peserta per hari," ujar Noxy.

Terakhir, Noxy mengimbau agar masyarakat mematuhi seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan selalu menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. "KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan Kereta Api di masa libur long weekend ini. Tujuannya untuk menjadikan Kereta Api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan," tutup Noxy.