Wabup Kuningan: Dana Desa Harus Dikelola Dengan Baik Agar Masyarakat Bisa Merasakan Manfaat

Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Pakapasan Hilir/RMOLJabar
Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Pakapasan Hilir/RMOLJabar

Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda, mengingatkan pentingnya sinergitas dan kerjasama antara pemerintah daerah, kecamatan, dan desa dalam pembangunan desa. 


Hal itu disampaikan Wakil Bupati saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Pakapasan Hilir, Kecamatan Hantara Kabupaten Kuningan, Rabu (14/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Hantara Oyo Rochyadi beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Kepala Seksi Olahraga Disporapar Kab.Kuningan, Dede Suparman, Kepala Desa Pakapasan Hilir, Deni Setiawan  beserta jajaran, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat, dan Karang Taruna desa setempat.

"Pentingnya sinergitas antara pemerintah daerah, kecamatan, dan desa untuk menyamakan persepsi dalam pembangunan," kata Wabup Ridho.

Menurutnya, dengan adanya sinergitas akan terbangun kerjasama yang harmonis dalam melaksanakan berbagai program pembangunan. Selain itu, perlu kerjasama yang baik, pertanggung jawaban setiap kegiatan yang dianggarkan dengan dana desa dapat selesai dengan baik dan tepat waktu. 

Apalagi, kata Edo sapaan akrabnya, dana desa memiliki peranan besar dalam program prioritas nasional. Dengan demikian, pemanfaatan dana desa tersebut harus dioptimalkan.

"Dengan adanya hubungan sinergitas, itu yang nantinya akan menjadi sebuah solusi dalam setiap permasalahan. Kalau itu sudah bisa dilakukan, akhirnya masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah," katanya. 

Dengan adanya dana desa, Edo meminta, pemerintahan desa dapat mengelolanya dengan baik dan tepat guna, terutama dalam pemberdayaan masyarakat. Sehingga masyarakat benar-benar merasakan manfaat dari dana desa tersebut.

Selanjutnya, dia mengatakan, di tengah keprihatinan pandemi Covid-19, banyak program-program pembangunan desa yang tidak dapat dilaksanakan, mengingat anggaran pembangunannya dialihkan untuk penanggulangan Covid-19. Namun demikian, dirinya yakin, masyarakat dapat memahami keadaan tersebut dan meminta tetap optimis.

"Di tengah-tengah keprihatinan ini, marilah kita jaga optimisme masyarakat kita untuk menghadapi masa depan yang lebih baik lagi, jangan sampai masyarakatnya hilang rasa optimis dan kepercayaan kepada pemerintah. Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam segala situasi," tandasnya.