Wabup Kuningan Dorong Anak Muda Miliki Semangat Berwirausaha

Wabup Kuningan, M. Ridho Suganda/Istimewa
Wabup Kuningan, M. Ridho Suganda/Istimewa

Semangat berwirausaha usaha harus dimiliki anak muda dan jangan hanya berpikir menjadi karyawan. Sebab dengan menjadi pengusaha, siapapun mampu membuka kesempatan kerja bagi diri sendiri serta orang lain.


Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Dihandap, saat menghadiri Launching Kedai Kopi Fanatic Place, di Desa Bayuning, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Sabtu (10/4).

“Saya sangat mengapresiasi langkah kang Erdin dengan membuka Kedai Kopi Fanatic Place dengan suasana yang feels like home banget. Meski baru lulus kuliah, tapi punya semangat menjadi pengusaha. Tidak berpikir seperti kebanyakan yang baru lulus kuliah untuk mencari kerja dan menjadi karyawan,” ujar Edo sapaan akrabnya.

Menurutnya, memiliki semangat kewirausahaan sangat penting dalam diri anak muda. Oleh karena itu, dia selalu memegang prinsip utama dari sang ayah, Aang Hamid Suganda (mantan Bupati Kuningan 2 periode) dalam menjadi seorang pengusaha.

"Pertama, jangan pernah menyerah tanpa perjuangan. Ini esensi semangat kemandirian dan pantang menyerah. Kedua, mempunyai passion. Sehingga, kita akan selalu mencari tahu dan tekun untuk belajar dari kegagalan," tuturnya. 

Edo menilai, generasi muda adalah tumpuan harapan bangsa yang akan banyak berperan dalam menentukan perubahan lingkungannya. Termasuk cara pandang masyarakat dalam menghadapi perubahan global yang berubah secara dinamis. 

Pada generasi muda inilah, tambah Edo, perlu ditanamkan semangat berpikir guna memajukan nilai kewirausahaan dan memiliki semangat untuk menjadi pengusaha.

“Makin banyaknya para wirausahawan muda yang lahir maka beban lingkungan dan negara akan ketersediaan lapangan pekerjaan akan berkurang. Sehingga mereka dapat berdiri sendiri tanpa membebani pemerintah,” tambahnya. 

Disamping itu, ia berpesan agar para pelaku usaha kedai kopi di Kabupaten Kuningan menggunakan produk asli lokal. Mengingat hampir seluruh wilayah Kabupaten Kuningan memiliki potensi pertanian kopi yang cukup besar.

"Pertanian kopi ini hampir saya temukan disemua wilayah di Kabupaten Kuningan, dan ini merupakan sebuah daya tarik bagi Kabupaten Kuningan. Tapi saya menitipkan, bagi kedai-kedai kopi yang ada di Kuningan kopinya harus asli produk Kuningan," pesan Edo. 

Sementara pemilik Kedai Kopi Fanatic Place, Erdin mengatakan, idenya untuk membuka usaha kedai kopi karena melihat peluang besar dalam bisnis minuman kopi. Menurutnya, peluang bisnis kopi saat ini sangat menjanjikan.

“Kini kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Kita pasti sering menemukan orang-orang yang menghabiskan waktunya di kafe atau kedai kopi. Memang kopi sudah menjadi kebutuhan masyarakat masa kini, bukan hanya orang tua tapi kopi juga menjadi kebutuhan milenial,” pungkasnya.