Wali Kota Bandung Pastikan Tak Akan Gelar Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Wali Kota Bandung Oded M Danial/RMOLJabar
Wali Kota Bandung Oded M Danial/RMOLJabar

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah mengeluarkan Surat Edaran bernomor 800/2784/SJ tentang pelarangan menggelar buka puasa bersama pada bulan Ramadan dan kegiatan Halal Bihalal pada Hari Raya Idul fitri 1442 H/2021. 


Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial memastikan bahwa pihaknya tidak akan menggelar open house atau Halal Bihalal secara formal di Pendopo Kota Bandung pada momen hari Raya Idul Fitri 2021. Menurutnya, giat halal bihalal akan dilakukan dalam cakupan internal keluarga.‎

"Gak, gak ada formal, tahun kemarin juga gitu formal tidak, keluarga ada," kata Oded, di Hotel Fox Harris, Jl. Jawa, Kota Bandung, Rabu (5/5).

Oded menilai, pelarangan kegiatan buka bersama dan Halal Bihal merupakan suatu bentuk untuk menekan potensi kerumunan. Dengan begitu, lanjut Oded, diharapkan penyebaran Covid-19 dapat dihindari dengan lebih baik. Sehingga Oded meminta masyarakat untuk dapat mematuhi kebijakan tersebut.

"Buka bersama dan halal bihalal, pada prinsipnya adalah kerumunan, asal bisa menjaga kerumunan, memang yang lebih baik itu dijaga dihindari," tegasnya.  

Meski begitu, oded mengatakan bahwa masyarakat masih dapat melakukan kegiatan halalbihalal namun hanya mencakup keluarga inti secara terbatas.

"Tapi kalau misalnya di rumah, hanya beberapa orang, kita halalbihala di rumah saya kira yang terbatas," tandasnya.‎