Wisata Virtual Obati Rasa Rindu Bandung Raya

Tangkapan layar aktivitas wisata virtual di Kota Bandung pada acara Virtual Tour “Napak Tilas Bandung Lautan Api”/Ist
Tangkapan layar aktivitas wisata virtual di Kota Bandung pada acara Virtual Tour “Napak Tilas Bandung Lautan Api”/Ist

Salah satu usaha rintisan di bidang teknologi binaan Pusat Inkubator Bisnis/OoRange Unpad “Picknic” bersama Disbudpar Kota Bandung menyelenggarakan Virtual Tour atau wisata virtual bertema “Napak Tilas Bandung Lautan Api” beberapa waktu lalu. Wisata virtual ini digelar sebagai upaya membangkitkan industri pariwisata yang sedang terdampak pandemi Covid-19.


Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari. Kenny mengapresiasi kegiatan wisata virtual ini karena dapat turut mempromosikan pariwisata Kota Bandung.

Wisata virtual yang menggunakan teknologi kamera 360° ini menghadirkan Jeanatasia Kurnia Sari selaku Putri Indonesia Jawa Barat 2020 yang berperan sebagai pemandu wisata bagi sekitar 500 penonton yang menyaksikan melalui YouTube Live Streaming.

Di dalam wisata virtual tersebut, para penonton diajak menjelajahi berbagai tempat wisata di kawasan Bandung Raya. Mulai dari kawasan bersejarah Jalan Asia-Afrika, Jalan Braga, hingga pemandangan alam Bandung Selatan seperti Kebun Teh Rancabali, Situ Cileunca, dan Sunrise Point Cukul.

Di akhir acara seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (7/9), tim juga turut mempromosikan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 kepada para penonton. Dengan teknologi digital yang ada, pembeli dapat memperoleh produk UMKM dengan mudah secara daring.

Wisata virtual ini disiarkan dari Laboratorium Radio & Sound Processing yang berada di Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Hal ini menjadi bukti bahwa kondisi pandemi bukan menjadi halangan untuk berkarya dan berkontribusi kepada negeri.

Kegiatan ini digelar dengan harapan menjadi pendorong kebangkitan sektor pariwisata di Indonesia, baik dari sisi pemerintah, UMKM, penyedia layanan wisata, dan sebagainya. Kedepannya, Picknic akan terus menyelenggarakan wisata virtual secara berkala selama masa pandemi Covid-19 dan pembatasan sosial masih diberlakukan.

Melalui survei yang dilaksanakan pasca dilaksanakan wisata virtual, kegiatan ini mendapat respon dan tanggapan yang positif dari masyarakat. Selain membantu meningkatkan pendapatan UMKM, kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan rasa bahagia di masyarakat.

Picknic pun mengundang berbagai pihak untuk dapat berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan serupa.