Yan Rizal Usman Bakal Jadi Saksi 16 DPAC Demokrat Kota Bandung yang Layangkan Gugatan ke Pengadilan

Senior Partai Demokrat Jabar, Yan Rizal Usman/RMOLJabar
Senior Partai Demokrat Jabar, Yan Rizal Usman/RMOLJabar

Pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) Serentak DPD Partai Demokrat Jabar pada Mei 2022 ternyata masih menyisakan polemik di pengurus Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) di Kota Bandung.


Alhasil, 16 DPAC Partai Demokrat Kota Bandung melayangkan gugatan kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) karena telah menyalahi AD ART dan UU Pantai Politik. Yan Rizal Usman sendiri nantinya akan menjadi saksi dari gugatan yang sudah berjalan sejak bulan Agustus 2022 ini. 

"Saya diminta untuk jadi saksi oleh para penggugat, para penggugatnya 16 DPAC Kota Bandung yang menggugat kepada AHY tentang pelaksanaan Muscab serentak di Kota Bandung dan seluruhnya," kata Senior Partai Demokrat Jabar, Yan Rizal Usman, Kamis (22/9).

Semua kejanggalan mengarah pada dugaan kesalahan gelaran Muscab PD di Kota Bandung ini nantinya akan diterangkan dalam persidangan. Ia mengaku banyak yang harus diungkap di persidangan nantinya. 

"Nanti itu akan saya terangkan semua di persidangan, dimana letak salah salahnya, itu sudah salah semua, yang lebih ini sekarang Demokrat terbebani apa lagi sebentar lagi awal tahun 2023 Mas Anas Urbaningrum keluar," jelasnya. 

Dengan begitu, Rizal meminta para kader-kader Partai Demokrat terus bergerak bersama-sama untuk memutuskan kekuasaan yang saat ini dijalani oleh AHY. Selain itu, ia juga meminta jangan ada lagi kriminalisasi pada kader-kader PD. 

"Harus diputus antara rantai kekuasaan Cikeas di Demokrat supaya Demokrat ini bersih dan jangan ada kriminalisasi. Kemarin rapimnas harusnya melahirkan rekomendasi bukan nuduh, bukan menjelekkan," katanya. 

Sebagaimana diketahui, gugatan yang dilayangkan oleh 16 DPAC PD Kota Bandung sudah memasuki masa sidang ke tiga kali. Dalam kesempatan mediasi juga keduanya tidak menemukan titik temu, akhirnya pada minggu depan akan ada pemeriksaan saksi.