Zulkifli Hasan: ICMI Harus Jadi Jembatan dan Pendorong Menuju Indonesia Maju 2045

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menghadiri kegiatan National Leadership Camp ICMI Angkatan I, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta/Ist
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menghadiri kegiatan National Leadership Camp ICMI Angkatan I, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta/Ist

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia atau ICMI diyakini akan melahirkan cendekiawan yang menjadi cahaya penerang bagi bangsa dan negara di masa depan.


Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam kegiatan National Leadership Camp ICMI Angkatan I, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa,(29/11).

“Cahaya yang selalu menjadi berkah dan penerang menuju jalan kehidupan yang baik, itulah tugas ICMI,” kata Zulhas, sapaan karibnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini berharap, agar ICMI sebagai organisasi cendekiawan muslim juga harus berperan untuk mendorong lahirnya SDM Indonesia yang berkualitas.

“ICMI juga harus mampu menjadi jembatan dan mitra untuk mendorong pembangunan SDM yang bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk terwujudnya Indonesia sebagai negara maju 2045,” tuturnya, seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL.

Zulhas juga mengungkapkan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara besar dan penting di kawasan Asia harus mengambil peran agar dapat mengambil manfaat dari pertumbuhan kemajuan Asia.

“Pembangunan SDM yang memiliki wawasan luas serta berorientasi pada masa depan diperlukan untuk melengkapi kapabilitas pemimpin yang berpegang pada nilai-nilai luhur budaya bangsa,” tegasnya.

Meski demikian, Zulhas menekankan, di tengah arus globalisasi pembangunan SDM juga tidak boleh melupakan jati diri dan budaya bangsa Indonesia.

“Hal inilah yang juga harus menjadi bagian dari strategi dan taktik pengembangan ICMI hari ini dan di masa mendatang,” pungkasnya.